Teknik Komputer & Jaringan

Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan pada SMK
TI Kartika Cendekia Purworejo bertujuan untuk :

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan peserta didik
  2. Mendidik peserta didik agar menjadi warga negara yang bertanggung jawab
  3. Mendidik peserta didik agar dapat menerapkan hidup sehat, memiliki wawasan pengetahuan dan seni
  4. Mendidik peserta didik dengan keahlian dan ketrampilan dalam progran keahlian Teknik Komputer dan Jaringan, agar dapat bekerja baik secara mandiri atau mengisi pekerjaan yang ada di DUDI sebagai tenaga kerja tingkat menengah
  5. Mendidik Peserta didik agar mampu memilih karir, berkompetisi dan mengembangkan sikap professional dalam program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan
  6. Membekali peserta didik dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai bekal bagi yang berminat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Profil Kemampuan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) :

  1. Mampu Menginstalasi PC
  2. Mampu Mendiagnosis Permasalahan Pengoperasian PC dan Periferal
  3. Mampu Melakukan Perbaikan dan atau Setting Ulang Sistem PC
  4. Mampu Melakukan Perawatan Periferal
  5. Mampu Menginstalasi Sistem Operasi Berbasis GUI
  6. Mampu Menginstalasi Sistem Operasi Berbasis Text
  7. Mampu Menginstalasi Perangkat Jaringan Lokal (LAN)
  8. Mampu Mendiagnosis Permasalahan pengoperasian PC yg Tersambung Jaringan
  9. Mampu Melakukan Perbaikan dan atau Setting Ulang Koneksi Jaringan
  10. Mampu Merancang Bangun dan Menganalisa Wide Area Network (WAN)
  11. Mampu Mengadministrasi Server dalam Jaringan.

 

Struktur Kurikulum Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan

 

MATA PELAJARAN

KELAS
X XI XII
1 2 1 2 1 2
A. Muatan Nasional
1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti 3 3 3 3 3 3
2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 2 2 2 2 2
3. Bahasa Indonesia 4 4 3 3 2 2
4. Matematika 4 4 4 4 4 4
5. Sejarah Indonesia 3 3
6. Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya*) 3 3 3 3 4 4
Jumlah A 19 19 15 15 15 15
B. Muatan Kewilayahan
1. Seni Budaya 3 3
2. Pendidikan Jasmani, Olahraga danKesehatan 2 2 2 2
Jumlah B 5 5 2 2
C. Muatan Peminatan Kejuruan
C1. Dasar Bidang Keahlian
1. Simulasi dan Komunikasi Digital 3 3
2. Fisika 3 3
3. Kimia 3 3
C2. Dasar Program Keahlian
1. Sistem Komputer 2 2
2. Komputer dan Jaringan Dasar 5 5
3. Pemrograman Dasar 3 3
4. Dasar Desain Grafis 3 3
C3. Kompetensi Keahlian
1. Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN) 6 6
2. Administrasi Infrastruktur Jaringan 6 6 9 9
3. Administrasi Sistem Jaringan 6 6 8 8
4. Teknologi Layanan Jaringan 6 6 8 8
5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan 7 7 8 8
Jumlah C 22 22 31 31 33 33
Total 46 46 48 48 48 48